ANAK-ANAK JUGA BUTUH YOGA

Anak-anak di Medan sekarang memiliki kecenderungan untuk menderita sclerosis (pembengkokan tulang belakang). Apalagi anak-anak zaman sekarang mengangkut beban buku pelajaran yang cukup berat di tas mereka. Yoga bisa menjadi salah satu alat bantu untuk mengembalikan kesehatan mereka. Maka,banyak orang tua yang datang ke sini sambil membawa anak-anak mereka untuk ikut latihan Yoga. Itulah penjelasan dari Rossi, Senin (12/7/2010),salah satu staf Yogalife. Yogalife adalah salah satu restoran yang menawarkan konsep vegetarian (vegan) berdampingan dengan kelas Yoga.

Restoran yang terletak di Jalan Hindu ini, berani menawarkan konsep berbeda, yaitu yoga dan vegan. ” Yoga adalah salah satu bentuk senam yang mengajarkan keseimbangan energi melalui gerak dan pernapasan,makanya sejak dari awal kami sandingkan dengan pola hidup vegan”, ujar Rosi.
Restoran dan klub yoga di Yogalife ini sudah berdiri sejak tahun 2008. Berbeda dengan restoran vegan lainnya di Medan,Yogalife mengusung konsep vegan murni alias vegan tanpa telur atau produk olahan daging lainnya. “Memang murid-murid di sini tifak langsung menjadi vegan murni,diajarkan dulu pelan-pelan,bertahap,hingga mereka sendiri yang jadi kebal terhadap daging”, ujar perempuan Tionghoa ini.

Yogalife sendiri sudah memiliki 40 murid tetap untuk kelas Yoga,dan rata-rata masih dalam tahap pemula (open level). Yoga sendiri merupakan senam yang mengutamakan pernapasan untuk mencapai keseimbangan energi dalam tubuh,menyeimbanhgkan hormon dan kinerja saraf tulang belakang,serta memperlancar sirkulasi darah. Yoga dikombinasikan dengan konsep vegan, mengutamakan sayur-sayuran dan kacang-kacangan sangat baik bagi sistem pencernaan dan kesehatan tubuh.
Menu andalan Yogalife adalah nasi goreng Yoga,dikombinasikan dengan beragam jenis sayuran.

Berbeda dengan gerakan yoga untuk orang dewasa, gerakan yoga anak-anak lebih dikreasikan seperti permainan yang atraktif. Gerakannya biasanya diungkapkan dalam bentuk cerita seperti dongeng. Latihannya pun didukung dengan iringan musik yang sesuai jalan cerita.

Biasanya Anak yang berusia minimal empat tahun sudah dapat mengikuti kelas yoga. Jenis yoga yang diajarkan adalah pose latihan atraktif, misalnya dengan melakukan story telling (mendongeng).

Beberapa manfaat yoga pada anak:

1. Membangun fondasi untuk hidup sehat dan sejahtera pada anak.
2. Bermanfaat untuk membantu pertumbuhan mental dan fisik.
3. Anak-anak dapat menggunakan teknik ketenangan yoga saat mereka berhadapan dengan situasi yang berhubungan dengan jadwal dan kegiatan yang padat dan mempunyai masalah dengan teman sekolahnya.
4. Meningkatkan kelenturan, kekuatan, fleksibilitas, koordinasi dan kesadaran tubuh.
5. Melatih anak lebih mengenal diri dan kebutuhannya dan mampu mengendalikan emosinya dengan baik.
6. Meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar.
7. Meningkatkan ketenangan dan mengurangi ketegangan pada dirinya.
8. Membuat anak memiliki kehidupan spiritual yang kuat sesuai dengan falsafah yoga, yakni selalu mengutamakan alam dan keseimbangannya.
9. Meningkatkan kepercayaan diri bagi anak.

Komentar
  1. elisabet berkata:

    Halo mbak,..saya mau tanya apa saat ini di yogalife masih ada anak yang ikutan yoga? Usia berapa aja mbak? Ada yang gemuk ga anak yang ikutan yoga? Thx ya mbak,……

  2. elisabet berkata:

    Ok …thx ya

Tinggalkan komentar