Kamis (27/7/2010)sore di lapangan Merdeka Medan, ada delapan orang saling mengelilingi berhadapan. Usia mereka rata-rata di atas 40-an. Berdiri di atas matras masing-masing dalam posisi kuda-kuda. Tanpa berbicara satu dengan yang lain, mereka seperti terhanyut dalam alunan musik Cina yang berasal dari tape recorder yang diletakkan di tengah. Ternyata mereka sedang melakukan gerakan senam taichi, ala film Taichi Master-nya Jet Li. Gerakan tangan yang digerakkan secara gemulai diiringi teknik pengambilan napas yang tepat dan tetap dalam posisi kuda-kuda yang sempurna.
aichi merupakan satu jenis seni bela diri yang berasal dari negeri China. Berbeda dengan jenis bela diri lainnya, Taichi justru menonjolkan unsur kelembutan, gerakannya air mengalir, dan luwes. Awam melihatnya seperti tarian yang indah yang gerakannya lambat, namun di balik itu semua Taichi ternyata mengandung tenaga tersembunyi, bahkan mampu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit.

Gerakan-gerakan Tai Chi memiliki banyak manfaat terapeutik, artinya berlatih Tai Chi dapat membantu kesembuhan suatu penyakit atau gangguan pada tubuh. Seperti meredakan stres, meringankan rasa sakit pada persendian, meningkatkan keseimbangan dan kelenturan tubuh. Dengan rajin berlatih Tai Chi, kita akan dapat merasakan adanya energi yang secara aktif mengalir di seluruh tubuh kita. Perasaan tenang yang kita peroleh setelah rajin ber-Tai Chi merupakan aspek mediatif, yang membuat partikel-partikel dalam tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Selain itu, rajin berlatih Tai Chi membuat kita merasa percaya diri dan perasaan kita terasa makin nyaman.

Adapun manfaat Taichi bagi vitalitas tubuh antara lain :

# Meningkatkan kelenturan dan kekuatan
Kenikmatan dan lama bercinta membutuhkan tubuh dan stamina yang baik. Tubuh kurang lentur dapat menurunkan perasaan untuk bercinta. Latihan rutin Tai Chi bukan hanya akan meningkatkan kelenturan tubuh Anda saat bercinta, namun juga membuat perasaan nyaman lebih sensitif.

# Pernapasan menjadi lebih kuat
Umumnya kita melakukan proses bernapas secara tidak baik. Pada saat bernapas, kita sering hanya menggunakan bagian paling atas dada dan mengeluarkannya dengan cara seperti terengah-engah, hanya untuk mendapatkan oksigen untuk bertahan hidup. Itu berarti selama ini badan kita kerapkali kekurangan oksigen, yang mengakibatkan fungsi organ-organ tubuh tidak bekerja optimum.

Berlatih Tai Chi membiasakan kita bernapas secara benar. Hal ini akan meningkatkan vitalitas dan kemampuan aktivitas hubungan intim. Keahlian bernapas secara baik yang kita latih lewat ber-Tai Chi, penting untuk mengontrol orgasme dan menjaga kekuatan otot punggung.

# Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan semangat
Gerakan Tai Chi dapat mengaktifkan seluruh tubuh berikut organ-aliran organ tubuh, seperti limpa, sehingga kerja limpa membersihkan racun menjadi semakin efektif. Jika seluruh organ tubuh membaik, maka secara pasti kekebalan tubuh akan meningkat.

Ketenangan yang didapat dari berlatih Tai Chi dapat menurunkan stres, sehingga memberi kesempatan lebih leluasa bagi tubuh untuk melakukan pemulihan. Seperti mengganti sel-sel rusak dan memperbaiki sel-sel rusak, sehingga mempercepat proses pemulihan gangguan tubuh dan penyembuhan suatu penyakit.

# Meningkatkan relaksasi
Gerakan lentur beraturan, konsentrasi penuh sebagai bagian dari meditasi dalam gerak, latihan pernapasan yang terjaga. Semua “muatan” dalam Tai Chi itu menjadikan tubuh mengalami relaksasi sempurna. Kondisi ini akan mengaktifkan “hormon bercinta” seperti endomorfin dan meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf perasa. Jangan heran jika setelah rajin berlatih Tai Chi: pandangan, sentuhan, belaian, ciuman hangat dari pasangan akan terasa memberikan desiran lebih hebat dari sebelumnya!

Tai Chi mampu membuktikan bagaimana tubuh mengendalikan gula darah, hal itu akan memberi manfaat pada sistem kekebalan tubuh, yang kemudian akan memicu aktivitas yang berlebihan dengan hadirnya kadar gula yang tinggi dalam darah.

Komentar
  1. tai chi berkata:

    bang, yg di foto itu bukan Taichi, tapi mrk sedang mempraktekan qigong gaya falunqong tuh ..

  2. alfian berkata:

    lokasi dan jadwal tmptnya dimana?dan dikenakan biaya atau tidak?mohon di balas

Tinggalkan komentar