TEROWONGAN RAHASIA BELANDA DI JALAN AHMAD YANI MEDAN

Posted: Juli 14, 2010 in Uncategorized

Jika anda melewati Jl.Ahmad Yani,maka mata anda akan dimanjakan dengan bangunan-bangunan peninggalan Belanda,seperti gedung London Sumatetra (Lonsum), Kantor AMPI,dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Medan.
Tapi,tak banyak yang tahu kalau salah satu bangunan tua tersebut memiliki sebuah terowongan. Bukan terowongan biasa. Terowongan ini konon kata sang juru kunci, Umar (61) bisa tembus hingga ke Istana Maimoon dan Stasiun Kereta Api Medan.

Umar yang telah 15 tahun menjadi penjaga dan juru kunci gedung Administrasi Belanda( kini menjadi Kantor SPSI Medan) tak keberatan menceritakan sejarah bangunan tua ini. Gedung ini dibangun sejak tahun 1918,tapi keberadaannya sekarang sungguh memprihatinkan. Tak terawat,berlumut,kayunya lapuk,bocor di setiap atapnya,kaca jendela yang retak dan memuai menjadi penanda betapa mirisnya bangunan ini. Untung saja, masih ada jejak-jejak kokoh bangunan ini,seperti tangga yang menghadap pintu masuk kantor SPSI. Pijakan/anak tangga dan pegangannya yang terbuat dari kayu jati bercat coklat tak lekang dimakan waktu. Hanya debu yang bertengger,tak ada rayap, maupun tanda-tanda lapuk.

Tahun 1995 seorang peneliti asal Belanda dan beberapa awaknya datang ke tempat ini untuk menemukan misteri terowongan yang letaknya berada tak jauh dari tangga. Mereka membuka penutup kayu yang menyelimuti bagian atas jalan terowongan tersebut. Setelah selesai membongkarnya,mereka menemukan ada 10 anak tangga menuju pintu terowongan. Lantai terowongan tersebut berwarna putih dan terbuat dari marmer. Namun,sayang,jalan masuk utama terowongan tersebut terkunci. Pintu yang berwarna kuning keemasan tersebut disegel dengan rantai besar mirip rantai jangkar kapal. Tak bisa dibuka,dan konon kata peneliti Belanda tersebut kuncinya memang didesain untuk memang tertutup selamanya.
Ia juga mengatakan,menurut perkiraannya,jika pintu terowongan tersebut dibuka, maka isi terowongan tersebut adalah tengkorak hasil zaman penjajahan dulu.

Umar,yang pernah melihat langsung pintu terowongan tersebut menceritakan, bahwa jalan masuk ke dalam terowongan seperti lintasan rel kereta api. Umar mengatakan kalau seandainya pintu tersebut juga berhasil dibuka,kecil kemungkinan untuk mendapatkan oksigen. “Mereka bisa mati kehabisan nafas di sini,” ujarnya.
Umar,yang mendapat informasi dari juru kunci sebelumnya, Pak Sitepu, mengatakan kalau terowongan itu dulunya adalah tempat pertemuan rahasia antara anggota kerjaan Melayu dan pemerintah Belanda,

Anda masih penasaran?, silahkan datang dan lihat sendiri jejak-jejak terowongan tersebut.

terowongan peninggalan Belanda di Medan

Terowongan Rahasia di Medan

Komentar
  1. Azwar berkata:

    Salam kenal……
    Kapan kamu mulai tulis artikel ini…?
    aku salah satu pemerhati bangunan tua, tapi aku kesulitan mencari rekan yang punya antusias yang sama terhadap bangunan tua dengan saya.
    Kalau kamu salah satu nya, kita bisa ngobrol sebentar….

Tinggalkan komentar